Review Pendampingan Aktivitas Khansa minggu 2 Juni 2013

Leave a comment

June 13, 2013 by Ain Nisa

20130618-145120.jpg

Tema minggu ini masih laba-laba (selanjutnya disebut spider aja ya karena susah cari tanda stripnya). Khansa masih keranjingan nyari spiderweb setiap kali ke luar rumah. Walaupun sempat teralihkan dengan lintah, dia ternyata lebih ngefans sama si mamang spider ini.
Sedikit cerita tentang lintah, sewaktu pagi-pagi mau berangkat antar Khansa, ada lintah nggak sengaja kesiram sama saya di garasi rumah. Saya dengan semangat 45 langsung tuding tuding itu lintah ke Khansa, yang sayangnya cuma ngejulurin kepalanya sedikit. nggak minat. Mungkin karena
lintah itu lelet ya, jalannya lama. hampir aja Khansa keburu nengok ke tempat lain karena nggak nemu mana lintahnya. Beda sama saya, waktu kecil saya fascinated banget sama lintah (dan sama semua binatang melata sih) jijik, tapi pengen liat terus hehehe
Malamnya, saya sempat tunjukkan video lintah vs cacing tanah ke khansa. saya udah setengah mati nahan geli, gatel-gatel rasanya badan, merinding segala, tapi khansa dengan emohnya minta video si spider lagi.

Kemarin malam, dia ribut mau bikin spider dari kertas. akhirnya kami bikin dari playdoh. saya bikn sarangnya dan spidernya, lalu khansa bermain pretend play bahwa ada lalat nyangkut di sarangnya, terus ada nyamuk nempel, dimakan sama spidernya. saya berusaha menstimulasi keingintahuannya dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan seperti:

spider darahnya warna apa ya ta?

laba laba nggak punya darah, punyanya cairan bening yang bernama hemolymph. fungsinya mengantarkan oksigen dan nutrisi

spider punya gigi ga ya?

nggak punya, punyanya capit

spider bobo nya dimana ya?

di sarangnya. selama ini saya kira sarangnya suka ditinggal tinggal hehehe

dan sebagainya. saya suka sekali menanyakan hal-hal kaya gini, karena selain mengajarkan anak cara mencai informasi (khansa saya tunjukkan cara cari info di youtube dan google), ibunya juga tambah pengetahuan.
Lewat sarang playdoh itu, saya juga mengulas lagi bagaimana cara spider memangsa : yaitu dengan menjebak mangsa lewat sarang yang lengket, lalu mangsa itu diterkam dan dihisap darahnya sampai kering. bangkainya digulung dalam jaring untuk persediaan makanan.
Meski untuk Khansa, saya perhalus sedikit, bahwa si nyamuk ngomel-ngomel sama spider kenapa dia diiket jaring, terus bahwa dia mau bobo aja. Khansa jadinya bilang, spider harus anter nyamuk itu ke rumah sakit hehehehe.
Malam itu sukses, spiderweb playdoh itu disimpen Khansa di atas lemari, pertanda dia sayang sama spiderwebnya…

Di hari hari lain minggu ini, Khansa menunjukkan beberapa interest lain, seperti mau main baseball. Saya, menggunakan gulungan kertas dan plastik penyangga kaki keyboard, berhasil ngajak dia main baseball, dan khansa mengenal vocab baru seperti pitcher dan home run.

Saya masih mencari-cari bentuk aktivitas lain yang bisa dikerjakan sama sama. Khansa nggak terlalu suka art and craft, dia lebih suka eksplorasi lingkungan dan olah tubuh. kadang susah kalau hujan atau nggak bisa jalan jalan terlalu jauh.

Saya dan suami sudah membicarakan kemungkinan Khansa homeschooling untuk SD dan seterusnya, karena beban belajar anak sekarang yang kayaknya ga manusiawi, belum lagi ditambah les ini itu. tapi masih harus ngobrol dengan banyak orang dan cari referensi kurikulum yang bagus. semoga Allah SWT membimbing kami. amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: